EKONOMI

Ditjen Pothan Panen Sorgum di Belu. Dirjen: Ini Pilot Project

ATAMBUA, Kilastimor.com-Direktur Jenderal Komponen Pendukung Kementerian Pertahanan (Ditjen Pothan) RI, Tristan Soemajono melakukan panen sorgum di dusun Salore, Desa Tulakadi, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Timor Barat perbatasan RI-RDTL, Selasa (6/6/2017).

Panen Sorgum di Belu.

Panen Sorgum di Belu.

Hadir pada panen simbolis sorgum hasil budidaya kelompok Manu Ale binaan Kodim 1605/Belu di atas lahan seluas 5 hektare, Asisten II Setda Belu, Staf Pothan Kemenhan RI, Dandim 1605/Belu, Kapolres Belu, Kadis TPHP Belu, Danramil/Kapolsek Tastim, Kades Tulakadi, Kristian Hermanus (pemilik lahan), kelompok tani Manuale serta Babinsa dan Babinkamtibmas.

Dirjen Pothan Tristan Soemarjono dalam sambutan mengatakan, dirinya sangat terharu dan bersyukur hari ini bisa melakukan panen sorgum setelah ditanam empat bulan lalu. Ini bukan proyek tapi pilot project dan kami ingin buktikan apa yang dilakukan ini bisa dapat dilakukan pemerintah dalam skala besar.

“Bahwa nantinya pasaran sorgum itu menjadi tugas kita bersama termasuk Pemerintah Kabupaten Belu,” ujar dia.

Menurut Dinas Pertanian jelas Tristan, bahwa waktu itu yang disampaikan Dinas sudah ada penampungannya. Oleh karena itu Dinas harus perjelas lagi kepada kelompok, sebab panen ini bisa dilakukan sampai lima kali.

“Saya sangat terharu dengan warga yang telah menanam sorgum dan berhasil. Ini jadi contoh bisa menggugah, memotivasi khusus warga petani lain agar dpat manfaatkan lahannya meski dengan segala keterbatas yang ada,” ujar dia.

Baca Juga :   Penerimaan Siswa di SMAN 1 Besikama Disesuaikan Ketersedian Ruangan

Asisten II Setda Belu, Yerem Kali Taek mengatakan, panen sorgum ini sangat luar biasa berkaitan dengan ketahanan pangan nasional. Salah satu alternatif ketahanan pangan, dan ini bisa berjalan di NTT berkat kerjasama TNI dengan Kementerian Pertanian.

Pages: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top