HUKUM & KRIMINAL

Kapolda: Pelayanan SIM, SKCK Harus Transparan

ATAMBUA, Kilastimor.com.com-Polres Belu masih terdapat beberapa kekurangan seperti, terbatasanya pengetahuan anggota serta masih terbatasanya Bintara pembinaan dan keamanan ketertiban masyarakat (Babinkamtibmas) di beberapa Polsek yang belum merata atau memenuhi di seluruh Desa.

Kapolda NTT sedang memberi arahan kepada anggota Polres Belu.

Kapolda NTT sedang memberi arahan kepada anggota Polres Belu.

Keterbatasan Babinkamtibmas menjadi salah satu faktor pelayanan hukum bagi masyarakat belum maksimal. Hal itu menyebabkan juga pelayanan hukum kepada masyarakat terkadang kurang cepat dan tepat, sehingga ini menjadi fokus perhatian bersama satuan pada tingkatan Polres Belu kedepan. Selain itu terkait terbatasnya pengetahuan atau buta aksara anggota harus diberantas dan dimantapkan dengan kerjasama besara Dinas Pendidikan.

Demikian arahan Kapolda NTT, Brigjen Pol. Agung Sabar Santoso saat tatap muka bersama seluruh Perwira Polres Belu, para Kapolsek dan anggota di Aula Mako Polres Belu, Selasa (7/2/2017) dalam kunjungan kerjanya. Turut hadir pada acara itu beberapa Pejabat Polda NTT diantaranya Direktur Reserse dan kriminal Khusus (Dirkrimsus), Kombes Pol. Daniel Yudo Ruhoro.

Menurut Agung, guna memenuhi pemerataan Babinkamtibmass di seluruh Desa dalam setiap Polsek di wilayah Kabupaten Belu dan Malaka, beberapa satuan lain seperti Brimob dan Polwan bisa diusulkan sebagai Babinkamtibmas untuk ditempatkan di desa-desa sehingga merata. Ini merupakan satu terobosan yang akan kita coba sehingga Brimob dan Polwan bisa Babinkamtibmas di desa, karena negara siapkan anggaran tapi tidak dimanfaatkan.

Baca Juga :   Pemafaatan Dana BOS Harus Sesuai Juknis

“Sesuai data Polres, Babinkamtibmas yang sudah memenuhi desa baru hanya Polsek Tastim saja. Mengapa yang lain belum bisa, kalau begini kita tidak bisa berbuat apa-apa. Kalau terbatas dengan anggaran, Kapolres silakan usulkan biar bisa dilanjutkan untuk dialokasikan anggaran melalui APBN-P Tahun 2017 atau APBN Murni Tahun 2018,” ujar dia.

Selain itu, Agung yang baru bertugas sebulan lalu sebagai Kapolda NTT meminta kepada Kapolres Belu agar memberikan perhatian kepada anggota berprestasi dan yang mampu berinovasi seperti terlibat dalam pemberantasan buta aksara. Anggota Polri yang berprestasi perlu diapresiasi karena sudah mengabdi untuk negara dan masyarakat.

“Kapolsek harus terus selalu mengecek Babinkamtibmas di setiap desa, jangan sampai Babinkamtibmas bohong sama Kapolsek. Babinkamtibmas itu memberikan pelayanan kepada masyarakat, kalau dapat informasi langsung ditindaklanjuti guna penyelesaian,” ingat dia.

Mantan Kapolda Sulawesi Tenggara itu menghimbau kepada seluruh personel Polres Belu yang bertugas di perbatasan Indonesia dan Timor Leste untuk meningkatkan kinerja kerja dalam memberikan pelayanan kepada publik. Apapun kasusnya yang dilaporkan masyarakat harus direspon dengan baik, cepat untuk menangani.

“Jangan lambat atau dibiarkan berlarut-larut, tapi harus cepat ditangani. Saya minta semua anggota harus punta tanggungjawab, ada kasus yang menonjol harus ditindaklanjuti segera. Selain itu pelayanan masyarakat seperti urus SIM, SKCK dan lainnya, itu semua harus transparan sehingga penilaian publik terhadap Polri tidak negatif,” tegas Agung.

Baca Juga :   Tiga Korban Sumur Maut di TTU Berhasil Dievakuasi Tim SAR dan Langsung Dimakamkan

Akhir arahan Kapolda Agung menghimbau kepada seluruh anggota Polri mari menjalankan tugas di wilayah perbatasan dengan mengendepankan profesional dan mengikuti aturan yang berlaku, tidak boleh menyimpang sehingga kewenangan kita sebagai Polisi tidak disepelehkan. Kebersamaan melaksanakan tugas profesoinal maka masyarakat akan puas dan senang dengan lembaga Kepolisian.

Untuk diketahui, kunjungan kerja Kapolda NTT, Brigjen Pol. Agung Sabar Santoso ke perbatasan Belu dan Negara Timor Leste merupakan yang pertama kali. Kapolda NTT bersama rombongan disambut Kapolres Belu, Sekda Belu, Wakil Bupati Malaka, Pimpinan Forkompinda Belu serta Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 641/BRU. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top